RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Madrasah :
MTsN Mojoroto Kediri
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlak
Kelas/Semester :
VIII / Genap
Alokasi Waktu :
1x 45 menit (1 kali
pertemuan)
A.
STANDAR KOMPETENSI:
Meningkatkan
keimanan kepada Rasul Allah SWT
B. KOMPETENSI
DASAR :
·
Menguraikan
sifat-sifat Rasul Allah SWT
·
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah dan mencintai Nabi
Muhammad SAW
C. INDIKATOR
·
Menjelaskan
pengertian sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Rasul-rasul Allah SWT
·
Menjelaskan 4 sifat
wajib bagi Rasul beserta dalil naqlinya
·
Menjelaskan 4 sifat
mustahil bagi Rasul beserta dalil naqlinya
·
Menjelaskan sifat
jaiz bagi Rasul beserta dalil naqlinya
·
Menyebutkan
contoh perilaku di dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sifat siddiq,
amanah, tabligh, fathonah
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
·
Melalui ceramah bervariasi diharapkan siswa dapat menjelaskan pengertian sifat-sifat
wajib, mustahil dan jaiz bagi Rasul-rasul Allah SWT
·
Melalui
ceramah bervariasi diharapkan siswa dapat menjelaskan 4 sifat wajib bagi Rasul beserta dalil naqlinya
· Melalui
ceramah bervariasi diharapkan siswa dapat menjelaskan 4 sifat mustahil bagi Rasul beserta dalil naqlinya
·
Melalui
ceramah bervariasi diharapkan siswa dapat menjelaskan sifat jaiz bagi Rasul beserta dalil naqlinya
·
Melalui model
pembelajaran card sort diharapkan siswa dapat menyebutkan contoh perilaku di dalam kehidupan sehari-hari yang
mencerminkan sifat siddiq, amanah, tabligh, fathonah
·
Definition of sifat
wajib, mustahil, and jaiz for prophet
Wajib is characteristic that must be owned by Prophet. Mustahil is impossible
characteristic that owned by Prophet. Jaiz is characteristic that allowed for Prophet, namely permissibility of human traits of human beings generally
·
The kind of sifat wajib and its dalil
SIDDIQ ( HONEST )
In QS. An Najm: 3-4
وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى . إِنْ هُوَ إِلاَّ وحْيٌ يُّوْحَى
وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى . إِنْ هُوَ إِلاَّ وحْيٌ يُّوْحَى
Artinya : “Dan (Nabi Muhammad
SAW) tidak berbicara berdasarkan hawa nafsunya, namun berdasarkan petunjuk dari
Tuhannya. (An-Najm : 3-4 )
TABLIGH ( Convey )
In QS. Yasin: 17
وَمَا عَلَيْنَآ إِلاَّ الْبَلاَغُ
الْمُبِيْنُ
Artinya : “Dan kewajiban kami
tidak lain hanyalah menyampaikan perintah Allah dengan jelas.
AMANAH (Can Be Believed)
In QS. As Syuaro’ 106-107
إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوْهُمْ
نُوْحٌ أَلاَ تَتَّقُوْنَ . إِنِّيْ لَكُمْ رَسُوْلٌ أَمِيْنٌ
Artinya: “Ingatlah Sesungguhnya aku adalah seorang
Rasul kepercayaan yang diutus kepadamu.”
FATHONAH (Smart)
In QS. Al An’am: 83
وَتِلْكَ حُجَّتُنَا ءَاتَيْنَاهَآ
إِبْرَاهِيْمَ عَلَى قَوْمِهِ
Artinya: “Dan itulah hujjah
yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya.”
·
The kind of sifat mustahil an its
dalil
KIDZIB ( Lie )
In QS. An Najm: 11
مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى
Artinya: “Hatinya tidak mendustakan apa yang
dilihatnya.”
KHIANAT ( Can’t be believed )
KITMAN ( Hide )
In QS. Al An’am: 50
إِنْ أَتَّبِعُ إِلاَّ مَا يُوْحَى إِلَيَّ قُلْ هَلْ
يَسْتَوِى الْأَعْمَى وَالْبَصِيْرُ أَفَلاَ تَتَفَكَّرُوْنَ
Artinya: “Aku tidak mengikuti kecuali yang diwahyukan
kepadaku, katakanlah apakah sama orang yang buta dengan orang yang melihat?
Maka apakah kamu tidak memikirkannya.”
BALADAH ( Stupid )
In QS Al A’rof: 199
خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَ أَعْرِضْ
عَنِ الْجَاهِلِيْنَ
Artinya : “Jadilah engkau
pemaaf dan serulah orang yang mengerjakan ma’ruf serta berpalinglah dari
orang-orang yang bodoh.”
·
Sifat jaiz and its dalil
Basyariah (the nature of humanity. Such as; eat, drink, sleep, marriage, sad, and happy)
In Qs: Al Mu’minun: 33
وَمَآ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ
مِنَ الْمُرْسَلِيْنَ إِلاَّ أَنَّهُمْ لَيَأْكُلُوْنَ الطَّعَامَ وَ يَمْشُوْنَ
فِى الأَسْوَاقِ
Artinya: “(orang) ini tidak lain hanyalah manusia
seperti kamu, dia makan seperti apa yang kamu makan dan ia minum seperti apa
yang kamu minum.
F.
MODEL/METODE PEMBELAJARAN
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah bervariasi
Model Pembelajaran
·
Card sort
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Langkah-langkah
|
Kegiatan
|
Waktu
|
a.
Kegiatan
Awal
|
Apersepsi
·
Membaca do’a bersama
sebelum belajar
·
Guru mengabsen
kehadiran siswa
· Guru
mengingatkan kembali pelajaran pada pertemuan
sebelumnya
|
10 menit
|
b.
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
·
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·
Guru menyampaikan materi pokok pada siswa
Elaborasi
·
Guru membagikan kertas
yang berisi informasi, contoh atau langkah-langkah dalam
satu kategori tertentu.
·
Guru meminta siswa untuk
mencari kawan yang memiliki kertas dengan kategori yang sama.
·
Setelah
siswa menemukan kawan-kawan dalam satu kategori, guru meminta mereka menjelaskan kategori tersebut
Konfirmasi
Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
|
30
menit
|
c.
Kegiatan Akhir
|
1.
Kesimpulan
2.
Evaluasi
3.
Do’a setelah belajar
|
5 menit
|
- Sumber Pembelajaran
§
Buku
paket Aqidah Akhlaq kls VIII, Penerbit Toha Putra, Semarang
§
Buku
lain yang relevan
I.
Assessment/
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menyebutkan sifat-sifat Rasul
Allah
§
Menyebutkan contoh-contoh perilaku sifat amanah, siddiq, tabligh,
fathonah dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Tanya jawab
|
§ Sebutkan sifat-sifat wajib Rasul
beserta sifat mustahilnya
§
Sebutkan contoh-contoh perilaku sifat amanah, siddiq, tabligh, fathonah
dalam kehidupan sehari-hari
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. H.M
Dawam SH, MM
...........................................
NIP.
194704231994031007
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi Akidah Akhlaq
Husna
Amalia, Spd.I
..........................................
NIP.
19920009110061
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar